Kamis, 04 November 2010

Berpikir Positif

Kampus

03 Juli 2010
Debat: Komersialisasi Pendidikan?
  • Pramudi Arsiwi
BIAYA pendidikan di Indonesia memang terbilang mahal. Apalagi setelah ada Undang-undang tentang Badan Hukum Pendidikan (UU tentang BHP) berkait dengan privatisasi pendidikan, meski sudah dibatalkan Mahkamah Konstitusi. Hal itu memancing kemunculan komersialisasi pendidikan.

Banyak kalangan yang memandang negatif hal tersebut. Namun tidak ada salahnya kita melihat melalui sudut pandang berbeda. Komersialisasi pendidikan sebenarnya juga mempunyai dampak positif yang sering dilupakan sebagian besar kalangan. Biaya pendidikan yang dinilai cukup tinggi sebenarnya adalah untuk menunjang mutu pendidikan itu sendiri.

Bayangkan apabila biaya pendidikan dipatok murah atau bahkan gratis. Padahal, dana dari pemerintah minim. Bagaimanakah mutu pendidikan di Indonesia? Bagaimana mungkin kualitas pendidikan akan meningkat bila dari sisi administratif saja tak mendukung?

Hal itulah yang perlu kita sadari secepatnya agar tidak terjadi salah persepsi yang berlarut-larut di masyarakat. Untuk meminimalisasi kekhawatiran masyarakat tentang komersialisasi pendidikan, perguruan tinggi harus mampu membangun komunikasi yang lebih efektif dengan masyarakat. Juga mahasiswa, sebagai bagian dari perguruan tinggi.....

Selengkapnya : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/07/03/115432/Berpikir-Positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar